Kelulusan: Perjalanan Inspiratif Siswa Yowana Kreatif Batch 2

Kelulusan: Perjalanan Inspiratif Siswa Yowana Kreatif Batch 2 logo

Yayasan Karuna Bali

20 September 2024

Kelulusan: Perjalanan Inspiratif Siswa Yowana Kreatif Batch 2

30 April 2024 menandai akhir dari perjalanan luar biasa Program Beasiswa Yowana Kreatif Batch 2. Setelah menjalani proses pembelajaran selama 9 bulan (Agustus 2023 - April 2024), delapan siswa-siswi yang terdiri dari tiga laki-laki dan lima perempuan berusia 18-22 tahun, telah menyelesaikan pendidikan mereka di Yayasan Karuna Bali (YKB). Momen ini dirayakan dengan acara kelulusan yang penuh makna.

Selama 9 bulan, para siswa diibaratkan sebagai benih yang terus dipupuk untuk tumbuh dan berkembang. Mereka didampingi dan difasilitasi secara intensif untuk mengenali kekuatan dan kelemahan diri, menumbuhkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi, memahami kualitas dan nilai diri, serta meningkatkan kepekaan sosial melalui proyek kemasyarakatan. Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris, komputer, dan Audio Video Editing mereka juga diasah. Semua ini dikemas dalam program pengembangan Soft Skill dan Hard Skill.

Acara kelulusan kali ini mengusung tema “A Journey of Self-Discovery and Growth”. Tema ini menyampaikan pesan bahwa kelulusan bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari petualangan hidup yang sesungguhnya.

Proses kelulusan berlangsung sederhana namun khidmat, disaksikan oleh orangtua, rekanan tempat siswa melakukan pelatihan, pengurus Yayasan, dan beberapa tamu undangan lainnya. Perwakilan siswa Yowana Kreatif yaitu Fina, Chandra, dan Adnyana, diundang untuk memberikan pidato kelulusan dan berbagi pengalaman mereka selama 9 bulan belajar. Para siswa juga menampilkan pertunjukan spesial dengan bernyanyi dan menari bersama.

Salah satu momen yang paling mengharukan adalah saat pemutaran video ungkapan terima kasih dari siswa untuk fasilitator, orangtua, dan donor. Banyak yang hadir di ruangan Open Heart tak kuasa menahan air mata. Momen yang tidak kalah berkesan adalah ketika kakak dari salah satu siswa berbicara tentang perubahan luar biasa yang dilihatnya pada adiknya. Sebelum mengikuti Yowana Kreatif, adiknya adalah anak yang pemalu. Namun, dalam waktu yang singkat, ia melihat adiknya menjadi pribadi yang berani berbicara di depan umum dan menari dengan percaya diri. “Ini adalah perubahan yang luar biasa,” tutupnya.

Proses pendampingan Yowana Kreatif lakukan selama ini bertujuan untuk mempersiapkan para siswa dalam menentukan pilihan hidup mereka selanjutnya. Dengan menyadari kualitas dan nilai diri, memiliki kepekaan terhadap lingkungan, dan kepercayaan diri dalam berkomunikasi, para siswa kini memiliki modal awal yang cukup untuk menentukan masa depan mereka. Mereka memiliki pilihan yang lebih fleksibel, baik untuk langsung memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke universitas.

Selamat buat para alumni. Selamat menerapkan keterampilan yang sudah dilatih selama 9 bulan ini dalam kehidupan nyata. Semoga sukses di setiap pilihan hidup yang diambil. (ge)